Tracer Study, Waktu Tunggu Mendapatkan Pekerjaan Pertama
Data tentang hasil pelacakan lulusan (tracer study), jumlah lulusan yang terlacak, dan waktu tunggu mendapatkan pekerjaan pertama (Tabel 9.1.2.4).
Tabel 9.1.2.4 Tracer Study, Waktu Tunggu Mendapatkan Pekerjaan Pertama (Klik Disini)
Tahun Lulus |
Jumlah Lulusan |
Jumlah Lulusan yang Terlacak |
Jumlah Lulusan Terlacak dengan Waktu Tunggu Mendapatkan Pekerjaan Pertama |
||
WT < 6 Bulan |
6 ≤ WT ≤ 18 Bulan |
WT > 18 Bulan |
|||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
TS-4 |
15 |
15 |
13 |
1 |
1 |
TS-3 |
17 |
16 |
12 |
4 |
0 |
TS-2 |
45 |
40 |
33 |
5 |
2 |
Tingkat Relevansi Pekerjaan
Data tentang jumlah lulusan, jumlah lulusan yang terlacak, dan jumlah lulusan terlacak dengan tingkat relevansi bidang kerja mereka (yaitu bidang kependidikan dalam arti luas: guru, instruktur, pelatih, penyuluh, pengelola kursus, perancang pelatihan, pengembang kurikulum, perancang program pembelajaran, dan lain-lain) (Tabel 9.1.2.5).
Tabel 9.1.2.5 Tingkat Relevansi Pekerjaan (Klik Disini)
Tahun Lulus |
Jumlah Lulusan |
Jumlah Lulusan yang Terlacak |
Jumlah Lulusan Terlacak dengan Tingkat Relevansi Bidang Kerja |
||
Tinggi |
Sedang |
Rendah |
|||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
TS-4 |
15 |
15 |
12 |
2 |
1 |
TS-3 |
17 |
16 |
10 |
4 |
2 |
TS-2 |
45 |
40 |
30 |
6 |
4 |
Tingkat Kepuasan Pengguna Lulusan
Data tentang tingkat kepuasan pengguna terkait dengan tujuh jenis kemampuan yang ditunjukkan oleh lulusan (Tabel 9.1.2.6).
Tabel 9.1.2.6 Tingkat Kepuasan Pengguna Lulusan (Klink Disini)
No. |
Jenis Kemampuan |
Tingkat Kepuasan Pengguna (%) |
Rencana Tindak Lanjut oleh PS dan/atau UPPS |
|||
Sangat Baik |
Baik |
Cukup |
Kurang |
|||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
1 |
Etika berperilaku |
85 |
10 |
5 |
0 |
Pembinaan etika berperilaku dengan uswatun Hasanah baik dalam proses pembelajaran maupun di luar pembelajaran |
2 |
Kinerja yang terkait dengan kompetensi utama |
25 |
70 |
5 |
0 |
Penyesuaian mata kuliah yang mendukung kompetensi utama yaitu sklil mengajar |
3 |
Kemampuan bekerja dalam tim |
60 |
30 |
10 |
0 |
Evaluasi metode pembelajaran dengan metode diskusi yang melatih kemampuan bekerja sama juga melibatkan mahasiswa dalam even-even yang diselenggarakan kampus |
4 |
Kemampuan berkomunikasi |
55 |
35 |
10 |
0 |
Menggiatkan kegiatan-kegiatan seminar yang melibatkan mahasiswa, mengadakan pelatihan publick speaking |
5 |
Kemampuan berbahasa Inggris |
10 |
20 |
27 |
43 |
Mengadakan kegiatan kursus bahasa inggris untuk lebih memaksimalkan kemampuan berbahasa Inggris dan untuk meningkatkan skor toefl |
6 |
Kemampuan penggunaan teknologi informasi |
87 |
11 |
2 |
0 |
Memaksimalkan pemanfaatan fasilitas laboratorium komputer dan mengembangkan media pembelajaran |
7 |
Upaya pengembangan diri |
35 |
50 |
15 |
0 |
Meningkatkan kerjasama dengan mitra pendidikan dalam upaya mengembangkan kemampuan diri mahasiswa melalui kegiatan seminar, pelatihan, magang dan pengabdian masyarakat |