Tracer Studi

Tracer Study, Waktu Tunggu Mendapatkan Pekerjaan Pertama

Data tentang hasil pelacakan lulusan (tracer study), jumlah lulusan yang terlacak, dan waktu tunggu mendapatkan pekerjaan pertama (Tabel 9.1.2.4).

Tabel 9.1.2.4 Tracer Study, Waktu Tunggu Mendapatkan Pekerjaan Pertama (Klik Disini)

Tahun Lulus

Jumlah

Lulusan

Jumlah Lulusan yang Terlacak

Jumlah Lulusan Terlacak dengan Waktu Tunggu Mendapatkan Pekerjaan Pertama

WT < 6 Bulan

6 ≤ WT ≤ 18 Bulan

WT > 18 Bulan

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

TS-4

15

15

13

1

1

TS-3

17

16

12

4

0

TS-2

45

40

33

5

2

 

Tingkat Relevansi Pekerjaan

Data tentang jumlah lulusan, jumlah lulusan yang terlacak, dan jumlah lulusan terlacak dengan tingkat relevansi bidang kerja mereka (yaitu bidang kependidikan dalam arti luas: guru, instruktur, pelatih, penyuluh, pengelola kursus, perancang pelatihan, pengembang kurikulum, perancang program pembelajaran, dan lain-lain) (Tabel 9.1.2.5).

Tabel 9.1.2.5 Tingkat Relevansi Pekerjaan (Klik Disini)

Tahun Lulus

Jumlah Lulusan

Jumlah Lulusan yang Terlacak

Jumlah Lulusan Terlacak dengan Tingkat Relevansi Bidang Kerja

Tinggi

Sedang

Rendah

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

TS-4

15

15

12

2

1

TS-3

17

16

10

4

2

TS-2

45

40

30

6

4

 

Tingkat Kepuasan Pengguna Lulusan

Data tentang tingkat kepuasan pengguna terkait dengan tujuh jenis kemampuan yang ditunjukkan oleh lulusan (Tabel 9.1.2.6).

Tabel 9.1.2.6 Tingkat Kepuasan Pengguna Lulusan (Klink Disini)

No.

Jenis Kemampuan

Tingkat Kepuasan Pengguna (%)

Rencana Tindak Lanjut oleh PS dan/atau UPPS

Sangat Baik

Baik

Cukup

Kurang

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

1

Etika berperilaku

85

10

5

0

Pembinaan etika berperilaku dengan uswatun Hasanah baik dalam proses pembelajaran maupun di luar pembelajaran

2

Kinerja yang terkait dengan kompetensi utama

25

70

5

0

Penyesuaian mata kuliah yang mendukung kompetensi utama yaitu sklil mengajar

3

Kemampuan bekerja dalam tim

60

30

10

0

Evaluasi metode pembelajaran dengan metode diskusi yang melatih kemampuan bekerja sama juga melibatkan mahasiswa dalam even-even yang diselenggarakan kampus

4

Kemampuan berkomunikasi

55

35

10

0

Menggiatkan kegiatan-kegiatan seminar yang melibatkan mahasiswa, mengadakan pelatihan publick speaking

5

Kemampuan berbahasa Inggris

10

20

27

43

Mengadakan kegiatan kursus bahasa inggris untuk lebih memaksimalkan kemampuan berbahasa Inggris dan untuk meningkatkan skor toefl

6

Kemampuan penggunaan teknologi informasi

87

11

2

0

Memaksimalkan pemanfaatan fasilitas laboratorium komputer dan mengembangkan media pembelajaran

7

Upaya pengembangan diri

35

50

15

0

Meningkatkan kerjasama dengan mitra pendidikan dalam upaya mengembangkan kemampuan diri mahasiswa melalui kegiatan seminar, pelatihan, magang dan pengabdian masyarakat